Image

Ini sudah mau memasuki masa Open Recruitment kru baru ITS TV. Sudah menuju angkatan ke-7. Ini artinya sudah 4 kali open recruitment baru sejak saya resmi menjadi kru Eureka TV yang kini bernama ITS TV. Ini artinya akan bermunculan wajah-wajah baru yang nantinya akan mengantikan tugas kru-kru lama macam saya ini.

Ini mengingatkan saya dengan momen 4 tahun lalu. Ketika saya memutuskan untuk mengikuti Open Recruitment Eureka TV angkatan ke-3. Bukan berawal dari benar-benar keinginan pribadi sih, hanya sekedar mengikuti ajakan kawan saya. Tak terduga memang, ternyata di tempat inilah saya seperti menemukan habitat saya. Tempat yang memang seperti telah disediakan untuk saya memperoleh berbagai hal yang sudah saya impikan sejak lama. Juga hal-hal lain yang tak terduga sebelumnya. Sepertinya seni memang jalan saya, hobi saya di bidang fotografi, jurnalistik, film, juga desain visual menjadi terasah lewat berbagai kegiatan saya di ITS TV.
 

Saya benar-benar merasakan perkembangan kemampuan saya yang dulunya tidak bisa apa-apa menjadi semakin baik dari hari ke hari. Saya mulai bisa merasakan mana karya yang baik dan yang buruk. Tak hanya merasakan, namun juga memahamai alasan dan cara bagaimana sebuah karya video dapat menjadi karya yang bagus. Berbagai pengalaman luar biasa saya rasakan, saya juga bertemu dengan berbagai guru-guru yang luar biasa.
 

Namun saya mendapatkan satu hal lain yang bagi saya paling penting. Hal yang banyak membentuk pribadi saya kini. Saya belajar untuk berhubungan serta berinteraksi dengan berbagai jenis manusia disini. Saya belajar bagaimana menghadapi orang-orang dengan latar belakang, kebiasaan, sifat, kemampuan, pandangan, yang berbeda dengan diri saya. Saya belajar untuk bisa memahami setiap rekan kerja saya. Saya belajar untuk mengendalikan diri saya agar tidak terbawa emosi. Saya memang tidak pernah berharap menjadi pemimpin di organisasi ini. Namun ketika posisi itu dibutuhkan, saya harus melakukan hal terbaik yang bisa saya lakukan. Dengan keberadaan saya di organisasi ini yang sudah cukup lama, saya berusaha untuk memahami berbagai permasalahan yang ada. Saya berusaha mencari pendekatan yang berbeda untuk mengatasi masalah yang ada. Mungkin bukan cara yang paling benar.
 

Saya bukan orang yang tegas memang. Saya banyak berkompromi. Saya bukan tipe orang yang suka marah-marah. Saya juga jarang mengkritik kesalahan orang lain. Saya tidak pernah terlalu mempermasalahkan kesalahan orang lain. Bagi saya, lebih penting mencari solusi permasalahan daripada sibuk menghukum pelakunya. Cara seperti ini cukup aneh memang. Terlalu lembek kata banyak orang. Tapi saya melakukan hal ini karena saya mencoba untuk menjadi orang yang bersahabat kepada semua kru. Saya tidak ingin menjadi orang yang ditakuti. Saya tidak ingin orang lain menuruti apa yang saya minta karena takut kepada saya. Saya tidak ingin kawan-kawan saya menjadi resisten dan menjauhi saya. Dibandingkan dianggap sebagai seorang pemimpin/ketua/bos saya lebih ingin dianggap sebagai seorang kakak. Kakak yang menyenangkan bagi adik-adiknya. Mungkin gara-gara cara saya inilah banyak kru yang kurang bisa bertahan lama, karena kekurangtegasan saya. Tapi saya pikir kru yang saat ini masih ada memang para kru yang luar biasa, pekerja keras, serta bisa diandalkan. Kru-kru yang bisa membuat saya merasa salut.
 

Jika ada hal yang saya harapkan dari para kru ITS TV, itu adalah agar para kru bisa mendapatkan berbagai hal luar biasa yang juga saya dapatkan. Saya ingin agar mereka bisa melatih dan mengembangkan berbagai hal yang mereka suka. Saya ingin bisa membantu memfasilitasi agar kemampuan dan bakat mereka dapat dikembangkan. Saya ingin agar mereka bisa memperoleh berbagai pengalaman luar biasa seperti halnya yang saya alami. Saya ingin agar ITS TV menjadi wadah bagi para kru untuk mengembangkan diri dengan berbagai hobi dan bakat masing-masing. Saya bisa melihat bahwa setiap dari mereka memiliki potensi besar yang bermacam-macam. Dan saya sangat berharap agar potensi mereka dapat makin terasah. Saya percaya setiap kru mampu meraih hal ini. Para pemimpin dan penanggungjawab ITS TV telah bersusah payah menyediakan berbagai peralatan dan fasilitas baru agar mereka meraih hal ini.
 

Sebagaimana berbagai Open Recruitment sebelumnya, saya memiliki harapan besar akan momen penting ini. Saya berharap menemukan orang-orang baru yang luar biasa, yang menyenangkan, pekerja keras, kreatif, yang kemudian akan sama-sama mengembangkan bakat diri lewat organisasi ini. Saya tidak sabar menunggu para calon anggota keluarga baru di ITS TV. Saya tidak sabar melihat mereka belajar dan berlatih menghasilkan karya-karya luar biasa.
 

P.S: Untuk semua kru ITS TV, maaf jika saya membuat kalian sampai sering pulang malam, sering begadang, mengganggu waktu kuliah, mengganggu waktu bersenang-senang, dan mungkin juga merepotkan kalian. Maaf juga jika selama ini saya masih kurang mengorganisir sesuatu dengan baik dan rapi. Maaf juga jika seandainya hal-hal yang kalian harapkan dengan bergabung menjadi kru ITS TV ternyata berbeda dengan kenyataan yang ada. Maaf jika kerja keras kalian selama ini masih belum sebanding dengan apa yang kalian peroleh. Terimakasih atas kerja keras kalian selama ini. Jujur, meskipun kalian memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda-beda satu sama lain, saya tidak pernah merasa kecewa dengan kalian semua. Keberadaan kalian telah membuat masa kehidupan saya di bumi semakin menyenangkan. Salut kepada kalian semua..!!

Advertisements

4 thoughts on “Eurekaaa..!!!

  1. Kok nggak ada ucapan terima kasih kepada Eureka yang telah mempertemukan saya dengan si ‘ehem’ sih, im? πŸ˜€

    Padahal dari tadi, itu kalimat yang paling aku tunggu-tunggu. πŸ˜€

    Waktu membaca postinganmu yang bernada endorsement ini jadi teringat sama kampanye pemira dan juga iklan klinik tongfang. πŸ™‚

    *ngomong-ngomong, sudah lama sekali aku nggak mampir ke sini ya?*

    1. biarlah si ‘ehem’ bersama dengan ‘ehem-ehem’ yang lain. Karena masih banyak ‘ehem’ lain yang ada di muka bumi. (ini omongan macam apa coba?? :O)

      ini sebenernya mau aku posting di grup eureka, cuman ga jadi, soalnya terlalu berasa curhat, meskipun sebenrnya pengen supaya anak2 eureka pada baca curhatan ini.

      kalo kamu sering maen ke blog ini, ntar janji bakal sering update deh. udah banyak draf tulisan (alias curhatan) di laptop. πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s