avatar baru saya. ditampilin buat pamer.Sejak saya bergabung menjadi kru Eureka TV ITS, sudah beberapa kali saya mewawancarai berbagai manusia. Mulai dari anak kecil, mahasiswa, orang-orang tua, sampai salah satu idola saya, Richard Stallman (Bapak Free Software). Tapi sayangnya belum ada yang mewawancari diri saya sendiri. Padahal saya orangnya cukup asik kalau diajak ngobrol. Untuk itu, biar saya saja yang menjadi orang pertama yang mewawancari seorang Ibrahim Musa Ibnu Syihab.

 

 

m = musasyihab (ini saya sebagai si penanya)
I = Ibrahim Musa (ini saya juga, tapi sebagai penjawab)

m: Hey Ibrahim Musa, apa tujuanmu bikin wawancara diri sendiri begini?
I: Terimakasih. Beberapa pertanyaan yang ada di wawancara ini sebenarnya merupakan pertanyaan-pertanyaan yang sering kawan saya tanya ke saya. Beberapa juga pertanyaan yang sering saya tanyakan sendiri ke diri saya. Mungkin saja ada orang yang ingin tahu, jadi kan lebih baik kalau saya dokumentasikan di blog sepi ini.

m: Wow! Keren sekali. Saya jadi merasa terhormat bisa mewawancarai kamu.
I: Oh tidak perlu merasa terhormat. Kamu kan juga sebenarnya adalah saya.

m: Dari hobimu yang ternyata banyak berhubungan dengan dunia desain daripada dunia komputer, kenapa kamu kok malah pilih jurusan Teknik Informatika, bukan jurusan Desain Produk atau Desain Komunikasi Visual aja?
I: Justru karena saya kuliah di Informatika yang membuat saya semakin cinta dunia desain.

m: Lho lho lho. Kok Bisa begitu?
I: Saya ini tipe orang yang tidak suka menghadapi banyak pesaing. Kamu tau sendiri kan anak despro banyak yang skill desainnya gila-gila. Kalau saya kuliah di despro, bisa-bisa saya stress tiap hari karena ngerasa kemampuan saya ga ada apa-apanya dibandingin dengan kemampuan anak despro rata-rata. Kalo saya kuliah di Informatika, meskipun beberapa temen saya juga jago desain, tapi itu ga banyak, dan lagi rasanya kemampuan saya ga kalah dibandingin kemampuan temen-temen. Dan yang terpenting, saya jadi berasa punya kelebihan yang ga dipunya temen-temen saya. Ini yang bikin saya masih pede aja biarpun sering ngulang kuliah.

m: Wooow!! Jawabannya keren banget
I: Kalau saya keren berarti kamu juga. Kan kita orang yang sama.

m: Kata kebanyakan temen-temen, cara berpikirmu itu sering aneh banget, istilah kerennya out of the box. Kok bisa begitu gimana ceritanya.
I: Hmmmm…. Setiap orang punya ciri dan kebiasaan masing-masing. Dan kalo saya, saya suka berpikir dengan cara yang berbeda dengan orang lain. Saya ga suka kalo sama dengan kebanyakan orang. Meskipun saya kadang kesulitan untuk berpikir beda, tapi itu asyik lho.

m: Hmmm… Oh iya, kenapa status-status facebookmu sering menyalahkan kegiatan perkuliahan. Apa kamu benci kuliah?
I: Hahaha. Saya rasa semua mahasiswa juga ga suka kuliah. Buktinya mereka semua seneng kalo dapet libur. Tapi sebenernya bukan masalah saya benci kuliah. Saya rasa saya bukan orang yang cocok untuk mendengarkan penjelasan dosen berjam-jam sambil duduk manis. Saya tipe orang yang lebih suka langsung mencoba apa yang ingin saya pelajari. Tapi ada juga orang yang suka mempelajari teori-teori untuk kemudian ia analisa. Saya cenderung lebih suka pada pratek langsung. Makanya kegiatan kuliah tidak saya suka. Karena meskipun saya datang kuliah, toh rasanya saya ga begitu ngerti apa penjelasan dosen.

m: Sekarang kan kamu lagi sibuk-sibuknya berbisnis nih? Emang apa yang kamu pengen peroleh dari bisnismu? Apa menjadi kaya?
I: Dunia usaha merupakan dunia baru buat saya. Dan dari sini banyak hal saya pelajari. Mulai dari belajar merencanakan sesuatu, belajar bekerja keras, belajar sabar, belajar bekerja sama, belajar percaya dengan orang lain, dan banyak hal lainnya. Tujuan utama saya berbisnis adalah saya ingin bisa mandiri. Dan karena saya bukan tipe orang yang suka bekerja karena diperintah, yang bisa terjadi kalo saya jadi karyawan, makanya saya lebih suka bekerja sesuai apa yang saya mau dengan berwirausaha. Dan asyiknya lagi, saya mengerjakan hal-hal yang memang sudah menjadi hobi saya, makanya saya betah.

m: Kamu belum jawab pertanyaanku, apa hal yang ingin kamu peroleh dari berbisnis?
I: Haha. Iya lupa. Saya emang kalo ngomong suka ga kekontrol, soalnya banyak hal di kepala saya yang pengen diomongin. Saya berbisnis untuk mencari modal.

m: Modal untuk apa?
I: Saya ingin mendirikan sebuah sekolah sendiri. Yang sistem pendidikannya saya susun sendiri. Ini cita-cita terbesar saya. Doakan ya?

m: Pasti dong. Dari status-status facebookmu, kayaknya kamu ini tipe orang yang narsis banget ya? Masa katamu kamu ngefans sama dirimu sendiri?
I: Hahaha. Sebenernya saya ga suka nyebut itu narsis. Itu namanya percaya diri. Karena buat saya, kalau sama diri sendiri aja kita ga percaya, trus siapa lagi yang bisa kita percaya?

m: Hebaattt. Oh iya, dari begitu banyak status facebookmu, kok tidak ada satupun yang tentang masalah cinta-cintaan? kan biasanya umur-umur segitu bawaannya galau melulu.
I: Ya karena saya memang masih betah hidup sendiri. Saya masih punya banyak hal yang ingin saya lakukan sebelum saya memutuskan untuk mencari pasangan hidup. Dan kalaupun ada orang yang saya suka, itu saya anggap sebagai bumbu perjalanan hidup saya saja. Bumbu yang sedap tentunya. Hehehe. Tapi saya tidak terlalu memikirkan masalah ini.

m: Waahhh. Asik sekali ngobrol sama kamu. Sebenernya banyak yang masih mau aku tanyain. Tapi karena postingan ini udah terlalu panjang, mending kita sudahi dulu aja obrolan kita ya?
I: Iya. Makasih juga udah ngewawancarai saya.

m: Buat apa terimakasih, kan ini sebenernya kamu yang mewancarai dirimu sendiri.
I: Hahahaha… Oh iya-ya. Saya lupa.

Advertisements

15 thoughts on “Wawancara

  1. Lucu juga kamu boim. Wawancara n ngobrol sama diri sendiri itu udah biasa banget. Yg luar biasa adalah kamu berani nge-post,menunjukkan seberapa pede dirimu. Hohoho..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s