Setelah sekian lama saya menjalankan masa-masa kuliah, baru kali ini saya benar-benar merasa menemukan hal yang begitu menarik, begitu menyenangkan, dan sampai-sampai sering membuat saya lupa tidur, lupa makan, hingga lupa kuliah :P. Apakah sesuatu ini? Apakah ini adalah seorang manusia? Atau ini adalah sebuah benda? Biar paragraf selanjutnya yang menjawabnya.

Apakah hal yang saya maksud ini? Seseorangkah? Bukan, ini bukan tentang seseorang. Saya rasa saya masih belum terlalu memikirkan yang ini, karena memang belum saatnya :D. Kalau bukan orang lalu apa? Ini adalah sebuah aktifitas. Sebuah pekerjaan. Kalau kamu mengikuti kegiatan harian saya selama beberapa bulan belakangan, kamu bakal tahu kalau saat ini saya sedang sibuk-sibuknya mencari uang. Bukan, bukan mencari uang yang hilang, bukan juga mencuri uang, tapi ini adalah mencari uang lewat menjalankan usaha. Entah kenapa, sejak mulai berani membuka sebuah usaha pribadi yang berawal dari lapak di kaskus, saya mulai merasa menemukan sesuatu yang sepertinya sudah lama saya cari-cari.

Saat ini, saya sedang menjalankan beberapa usaha yang sebagian besar adalah menjadi desainer grafis, meskipun sebenarnya ini tidak sesuai dengan bidang kuliah saya di informatika dan saya juga sebenarnya belumlah terlalu jago dalam dunia ini. Pekerjaan ini kemudian membawa saya kepada kesibukan yang luar biasa. Padahal, tanpa hal ini saja, saya pun sebenarnya sudah disibukan oleh kegiatan perkuliahan dan di organisasi. Tapi berkat usaha yang saya jalani, hampir setiap hari saya harus begadang. Saya bahkan beberapa kali harus mengikuti kuliah dengan kondisi tubuh yang sangat mengantuk. Di beberapa mata kuliah, saya pun terpaksa membolos demi bisa menyempatkan diri untuk beristirahat dan dapat kembali mengerjakan proyek-proyek pesanan di malam harinya.

Kalau kamu pikir hal ini terlihat tidak menyenangkan, bahkan cenderung menderita, saya justru menikmati hal ini. Saya begitu menikmati saat-saat sulit ini karena memang yang saya kerjakan adalah hal yang benar-benar saya cintai. Saya memang sudah mencintai dunia desain sejak lama, dan mengerjakan desain pesanan orang lain otomatis juga membuat saya bisa menyalurkan hobi saya tetapi sekaligus saya bisa memperoleh penghasilan dari situ. Tanpa adanya pesanan sekalipun, sebenarnya saya tetap akan mengerjakan desain-desain karena saya memang menyukai hal ini. Ini sudah seperti bermain game buat saya. Dan hal-hal berat yang saya hadapi saat ini saya anggap adalah sebuah bumbu dalam hidup saya agar suatu saat nanti saat usaha keras saya ini sudah membuahkan hasil, maka saya akan mengenang penderitaan saya sekarang sebagai sesuatu yang indah. Karena memang untuk mencapai suatu keberhasilan dan agar keberhasilan itu berasa memuaskan, kita memang perlu mengalami rintangan dan kesulitan. Bahkan, apabila perjalanan hidup kita kemudian diangkat menjadi sebuah buku atau film, maka akan terasa lebih dramatis saat ada penderitaan dibandingan dengan perjalanan hidup yang lancar-lancar saja. Inilah yang kemudian membuat saya tidak pernah merasa sedih ataupun susah dalam mengatasi berbagai halangan, penderitaan, ataupun masalah yang saya hadapi.

Dan kalau kamu berpikir saya melakukan semua usaha ini karena saya tertarik dengan uang, maka kamu belum mengenal siapa saya sebenarnya. Uang bukanlah hal utama yang membuat saya begitu bersemangat dalam bekerja. Saya bekerja adalah karena saya suka dengan apa yang saya kerjakan. Dan uang hanyalah bonus atas apa jerih payah saya dalam bekerja. Bahkan seringkali saya merasa dilema saat harus mematok harga atas hasil pekerjaan saya. Terutama saat yang memesan adalah teman-teman dekat saya. Saya seringkali merasa bahwa memasang harga tertentu kepada teman sendiri itu kejam. Tapi terkadang saya tidak bisa memungkiri kalau saya memang membutuhkan uang untuk bisa terus bertahan hidup. Ini menimbulkan dilema buat saya. Namun saat ini saya hanya bisa mengatasi persoalan ini dengan mematok tarif yang murah saat yang memesan adalah teman saya sendiri. Tak tak jarang saya mengerjakannya dengan gratis. Suatu saat nanti, saya ingin dapat mengerjakan desain tanpa perlu mematok harga tertentu kepada konsumen. Karena kepuasan terbesar saya adalah ketika hasil karya saya dapat diapresiasi positif oleh orang lain. Tapi mungkin untuk saat ini, saya masih belum bisa mewujudkan keinginan saya yang satu ini.

Hal lain yang ingin saya dapat dari usaha-usaha saya adalah popularitas. Bukan populer dalam artian menjadi artis atau tokoh nasional. Namun popularitas dalam hal kemampuan. Saya ingin saya dikenal memiliki kemampuan tertentu. Saya ingin karya-karya saya diketahui orang banyak. Ini lebih penting dari sekedar uang menurut saya. Karena dengan dikenalnya kita, maka seseorang akan cenderung meminta bantuan kepada kita dibandingkan kepada orang lain. Percuma kalau kamu punya keahlian yang luar biasa tetapi tak seorangpun tahu kalau kamu memiliki keahlian itu. Oleh karena itulah saya tidak terlalu peduli dengan bayaran, karena saya yakin kalau nama saya sudah dikenal, maka saya akan lebih mudah mendapat pesanan, dan uang akan datang dengan sendirinya.

Satu pesan yang ingin saya sampaikan lewat tulisan saya yang panjang ini adalah, bekerjalah sesuai dengan hati nuranimu. Jika kau begitu mencintai dunia balap, janganlah kamu memaksa dirimu untuk menjadi dokter. Dengan bekerja sesuai dengan apa yang kita cintai, maka kita tidak akan pernah merasa lelah, bosan, apalagi menderita dalam mengerjakannya. Janganlah menjadi apa yang dunia paksakan kepadamu, jadilah apa yang sesuai dengan jati dirimu sesungguhnya.

PS: Ditulis saat dimana seharusnya saya mengerjakan banyaknya pesanan pekerjaan yang menumpuk. Namun karena saya mencintai blog ini, jadi tetap saya sempatkan untuk bisa menulisnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s