Bukan, saya bukan sedang membicarakan Archimedes yang berhasil menemukan Hukum Archimedesnya sambil berteriak-teriak “Eureka..!!” dan berlari-lari tanpa mengenakan pakaian. Yang sedang saya bicarakan adalah sebuah komunitas, atau bisa juga disebut organisasi, atau juga keluarga, namun juga cocok kalau disebut pekerjaan. Yang jelas ini bukan partai. Ini adalah Eureka TV.

Kamu yang tidak kenal saya dan tidak pernah kuliah di ITS mungkin akan bingung apa itu Eureka TV. Dan kalau kamu tidak suka bertanya ke Google, mungkin kamu akan mencari channel Eureka TV di televisimu. Namun sampai saat dimana tulisan ini ditulis, tidak ada satupun channel bernama Eureka TV di televisimu.

Eureka TV adalah sebuah website yang menyediakan video-video buatan para mahasiswa dan mahasiswi ITS yang tergabung dalam Eureka TV ITS. Video-video ini bisa berupa berita, feature, dokumenter, film dan lain sebagainya. Saya tidak akan menceritakan terlalu lengkap bagaimana komunitas ini berdiri. Kamu bisa langsung baca sendiri di situs resminya.

Perkenalan saya dengan Eureka TV dimulai saat saya masih menyandang gelar mahasiswa baru. Saat semester dua perkuliahan saya tepatnya. Saat itu saya diajak oleh kawan saya Adi Kurniawan untuk ikut pendaftarannya. Karena memang saya pikir saya ingin belajar hal-hal baru, saya pun mengikuti ajakan Adi untuk mendaftar. Sekalipun saat itu saya mendaftar di hari terakhir pendaftaran.

Tak ada yang istimewa sebenarnya saat masa-masa Basic Training (pelatihan dasar buat seluruh calon kru baru) saya di Eureka TV. Cukup menyenangkan memang, banyak ilmu baru dan kawan-kawan baru saya dapatkan disini. Tapi memang belum ada yang terlalu spesial. Namun, di akhir pelatihan, kami, para peserta Basic Training diberikan tugas untuk menjadi kru resmi dalam live event Kontes Robot Indonesia-Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRI-KRCI) 2009 Regional IV. Kami pun merasa sangat senang karena diberi kesempatan untuk terjun langsung ke salah satu even besar tingkat Jawa Timur. Kami ditugasi untuk meng-handle gambar yang akan tertampil di layar besar dan juga ditayangkan secara streaming lewat jaringan internet. Tugas yang tidak mudah memang, tapi sangat menantang.

Di momen inilah, pertama kali saya benar-benar merasakan menjadi seorang kameramen, yang tidak boleh salah, yang sering dimarahi kalo gambarnya jelek, yang juga harus cekatan dalam mengambil gambar. Di saat inilah saya merasakan pengalaman bekerja yang belum pernah saya rasakan sebelumnya. Sekalipun dimarahi saat gambar yang saya ambil salah, saya tetap merasa senang, karena saat gambar yang saya ambil bagus, saya sangat puas, sekalipun tidak ada yang memuji selain diri saya sendiri.

Tak hanya pengalaman secara individual, kebersamaan kami sebagai calon kru Eureka TV angkatan 3 juga mulai sangat terasa. Kami yang datang dari jurusan dan latar belakang yang berbeda-beda bisa saling bahu-membahu, tolong menolong agar acara yang sedang berlangsung bisa tertampil sempurna di layar kaca.

ini gambar vektor para kru eureka tv angkatan 3. tidak semuanya sih, soalnya memang cuma ini gambar yang saya punya. dan gambarnya juga masih belum terlalu bagus, karena memang saya waktu itu belum terlalu jago.

Pengalaman menghandle acara live KRI-KRCI inilah yang kemudian membawa saya dan seluruh teman-teman hingga akhirnya jadi kru resmi Eureka TV ITS. Dan sejak menjadi kru inilah saya mulai benar-benar jatuh cinta pada Eureka TV ITS. Saya mulai belajar begitu banyak hal. Dan saya juga mulai memiliki beberapa keahlian lain di samping ilmu perkuliahan.

Saat ini, telah hampir 2 tahun saya bergabung dengan Eureka TV ITS. Telah semakin banyak kawan-kawan saya disini. Pengalaman pun juga semakin bertambah, meskipun tak semuanya pengalaman manis. Meskipun saya lebih sering kalah daripada menang dalam lomba-lomba film dan semacamnya, tetap saja saya merasa Eureka TV ini adalah memang habitat saya. Memang tempat dimana saya seharusnya berada. Seolah-olah rumah yang telah lama saya cari-cari. Dan sekalipun seringkali saya harus begadang hingga pagi, hingga mengganggu aktivitas manusiawi saya, bahkan terkadang saya sampai harus mengorbankan beberapa kuliah (padahal sebenernya justru malah seneng :D).

Eureka TV ITS hari ini telah banyak berubah dari pertama kali saya mengenalnya. Anggota yang saat ini semakin banyak, peralatan yang juga makin bertambah (meskipun beberapa peralatan penting justru semakin rusak). Kreativitas yang juga semakin berkembang, dari yang dahulu hanya fokus pada berita, kini mulai menjamah dunia film pendek, dokumenter, iklan, bahkan juga membuat presentasi multimedia. Dan Eureka TV angkatan 3, angkatan dimana saya pertama kali mengenal Eureka TV, juga semakin lama sudah semakin jarang untuk berkumpul bersama, bahkan  sudah setahun lebih kita tidak berkumpul full team lagi. Beberapa dari kami bahkan akan segera lulus dari ITS dan otomatis akan meninggalkan Eureka TV ITS. Untungnya, adanya anggota keluarga baru telah membawa suasana baru disini. Kru-kru baru yang bersemangat, sekalipun jumlahnya masih tergolong sedikit telah membawa semangat baru, warna baru, dan kekuatan baru bagi televisi online yang baru berusia hampir 4 tahun ini.

Pengorbanan waktu, tenaga, pikiran, dan bahkan terkadang uang telah terbayarkan. Banyak hal positif yang telah kami torehkan. Tak hanya melulu soal video, tapi juga soal bagaimana mengelola suatu organisasi, bagaimana mengelola sebuah proyek, bagaimana mengalokasikan waktu, dan juga belajar bekerja sebagai tim.

Wallpaper Eureka TV ITS bikinan saya.

Eureka TV ITS hari ini adalah Eureka TV ITS yang telah menemani sebagian besar hidupku di ITS. Yang telah menjadi rumah, keluarga, organisasi, sekaligus pekerjaan bagi saya.

Jayalah terus Eureka TV ITS…!! Teruslah berkarya, teruslah berprestasi..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s