Hey, bukankah katanya teori evolusi itu tidak valid? Mungkin memang benar, saya juga lebih percaya sama teori penciptaan. Yang saya maksud evolusi disini adalah evolusi gambar karya-karya saya. Khususnya yang modelnya adalah diri saya sendiri.

Ya, gambar karya-karya saya memang mengalami evolusi. Ini juga sekaligus membuktikan kalau kemampuan seni itu tidak selalu muncul dari lahir, tapi memang bisa dipelajari dan diasah. Saya sudah belajar menggambar vektor dengan Inkscape selama sekitar 1.5 tahun, dan hasil kerjaan saya telah banyak berubah dari kerjaan saya di masa lampau. Dan inilah buktinya,

Ini adalah gambar vektor diri sendiri yang pertama saya, dibuat pada 8 Januari 2010

Ini adalah pertama kali saya membuat gambar vektor manusia, saya mengambil objek diri sendiri. Sangat terlihat simpel. Tidak banyak objek disitu. Waktu itu saya memang baru beberapa bulan berkenalan dengan Inkscape.

Ini adalah gambar vektor diri sendiri yang kedua. Sudah cukup bagus kan?

Gambar ini digambar sekitar tanggal 26 Januari 2010. Saat itu kebetulan saya sedang punya foto diri sendiri yang lumayan bagus (saya kan jarang poto diri sendiri 🙂 ), jadilah kemudian saya mencoba menggambar vektor diri saya sendiri untuk kedua kalinya. Objeknya kali ini sudah cukup banyak, dan saya sudah mulai mencoba blur, gradient, membuat bayangan, cahaya dan lain sebagainya. Sampai saat ini, saya masih suka dengan gambar ini.

Ini gambar diri sendiri favorit saya. Selain posenya yang bagus, hasil akhirnya juga sangat memuaskan.

Karena gambar vektor diri sendiri saya yang kedua baru kepalanya saja, saya mulai mencoba membuat baju dan badannya. Hasilnya ternyata cukup memuaskan. Dan foto ini yang paling sering saya pake sbagai poto profil facebook. Meskipun sudah lama dibuat, sekitar tanggal 3 Maret 2010, tapi gambar ini tetap menjadi favorit saya hingga sekarang.

Ini gambar diri ketiga. Saya sangat suka dengan hasil akhir bajunya yang cukup bagus.

Gambar vektor diri yang ini diambil dari foto di KTP saya. Sekalipun hasil akhir wajahnya kurang bagus dan warna bibirnya terlalu merah, tapi bajunya cukup bagus dan jelas. Ini juga sering saya pake jadi poto profil. Dibuat 30 Maret 2010.

Inilah gambar keempat. Gambar diri sendiri yang paling tidak saya suka.

Karena waktu menggambar ini saya tidak sabaran, jadilah hasilnya mengecewakan, hanya sempat saya pasang sebagai foto profil facebook sebentar, karena ga betah ngeliatnya. Dibuat sekitar tanggal 8 Mei 2010.

ini gambar diri yang paling lucu. dibuat sebagai bahan becandaan. aslinya ini dari uang seratus ribuan.

Mengambil sumber gambar dari gambar kedua saya, saya mencoba mengubah warnanya agar kemudian sesuai menggantikan gambar pak Hatta di uang seratus ribu rupiah. Hasilnya cukup memuaskan buat saya. Ini dibuat sekitar tanggal 23 Juni 2010, seminggu sebelum saya ulang tahun.

Gambar yang ini juga tidak terlalu saya suka, hasilnya cukup menyeramkan, tidak sesuai harapan.

Waktu menggambar gambar yang satu ini sebenarnya saya sedang bereksperimen dalam menggali kemampuan Inkscape saya, tapi ternyata entah karena mood atau karena terlalu terburu-buru hasilnya jadi agak aneh. Tapi tetap saja sempat mengisi poto profil saya meski cuma sebentar. Dibuat sekitar tanggal 23 Juli 2010.

Gambar diri yang monokrom alias cuma pake satu warna.

Gambar vektor diri saya yang kedua memang menghasilkan banyak variasi unik dan menarik. Terinspirasi dari gambar monokrom Che Guevara yang sangat populer, saya coba buat juga gambar diri saya, hasilnya ternyata tak sebagus bayangan saya. Tapi ini tidak terlalu jelek juga sih. Mungkin karena memang modelnya yang sudah keren dari sononya :D. Dibuat 27 Juli 2010.

Inilah gambar avatar kartun pertama saya. Hasilnya cukup lucu dan imut.

Karena bosen dengan gambar yang terkesan agak realis terus, makanya saya coba buat yang terkesan kartun. Hasilnya ternyata cukup bagus. Dan ini juga masih merupakan gambar avatar kartun favorit saya. Dibuat tanggal 7 Oktober 2010.

Gambar avatar kartun diri sendiri yang kedua. Lebih gagah tapi tak selucu gambar pertama.

Setelah puas dengan gambar avatar kartun yang pertama, mencoba membuat satu lagi biar tidak bosen. Ide awalnya sih bikin yang agak gagahan. Tapi hasilnya jadi agak aneh. Saya masih lebih suka yang pertama. Dibuat tanggal 6 November 2010.

Inilah gambar vektor diri sendiri yang paling baru, yang paling bagus juga.

Gambar vektor diri pertama di tahun 2011 dan yang pertama juga sejak berbulan-bulan. Mulai menguji kembali kemampuan menggambar, dan hasilnya ternyata cukup memuaskan. Gambar ini juga saat ini menjadi poto profil di akun facebook dan vimeo. Dibuat tanggal 24 Januari 2011.

pertama kalinya mencoba menggabungkan foto dan vektor. hasilnya aneh.

Maksud awalnya adalah ingin membuat gambar yang agak-agak keren dengan ada transformasi dari foto asli ke gambar vektor. Tapi hasilnya jadi malah aneh dan kata temen-temen saya mirip musuhnya batman. Sempat 2 hari jadi poto profil facebook. Dibuat 27 Januari 2011.

Inilah semua karya-karya saya yang memakai saya sendiri sebagai modelnya. Selama kurang lebih 1 tahun, ternyata banyak peningkatan kualitas yang saya alami. Dan kalau kalian mau belajar juga pasti bisa seperti saya, bahkan lebih. Dan selama satu tahun ini juga jadi banyak temen-temen saya di Eureka TV (TV kampus di ITS) yang mulai belajar Inkscape dan mereka malah belajar lebih cepat daripada saya. Dan mudah-mudahan dalam waktu dekat saya akan membuat video tutorial untuk membuat seperti gambar-gambar diatas. Tunggu saja tanggal mainnya, saat saya sedang tidak malas.

Advertisements

2 thoughts on “Inilah Evolusi

  1. Kapan-kapan bikin postingan tentang tutorial inkscape dong im. 🙂

    Kalau bisa dibagi-bagi jadi beberapa part gitu.
    Biar saya dan yang lain pindah haluan dri software bajakan 🙂 *buka kartu*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s